9 Kuliner Khas Subang Jawa Barat Yang Bisa Anda Cicipi

Subang adalah sebuah kecamatan yang merupakan pusat pemerintahan dari Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat. Subang terkenal dengan berbagi macam hasil buah dan kelezatan makanannya dan yang paling terkenal dari kota Subang adalah nanas simadu. Karena jenis nanas ini tidak dihasilkan ditempat lain, nanas simadu dari kota Subang ini bisa anda konsumsi secara langsung. Maupun diolah menjadi makanan yang lezat. Mulai dari warung pinggir jalan hingga restoran mewah dengan menu makanan yang mahal tersedia di Subang. Tapi untuk anda yang sedang mencari tempat wisata Kuliner Khas Subang. Anda bisa mengunjungi beberapa tempat berikut ini.

Tempat Wisata Kuliner Khas Subang

Kuliner Khas Subang

1. Bubur Ayam Panglejar

Bubur Ayam ini menjadi tempat kuliner favorit yang selalu ramai pengunjung di setiap harinya. Rasa kuah yang khas membuat banyak orang ketagihan untuk menikmati bubur ayam ini setiap hari. karena kelezatannya. Obyek Wisata Kuliner khas Subang Bubur Ayam ini sangat ramai di kunjunggi oleh wisatawan. Apalagi hari minggu ataupun hari libur jumlah konsumen bubur langsung membludak.

Bubur Ayam Panglejar

2. Retoran Ma’Pinah

Rumah makan Ma Pinah ini menjadi salah satu pilihan wisata kuliner khas Subang yang sayang untuk dilewatkan. Menu andalannya adalah masakan serba ikan yang segar dan memiliki cita rasa yang khas. Di antaranya seperti bawal bakar, bawal asam manis, Sop Gurame, Sop buntut. Ayam bakar dan juga udang yang diolah dengan berbagai bumbu yang sedap. Selain itu, cah kangkung dan tahu goreng ditambah dengan lalapan sambal terasi menjadi andalan menu di restoran ini.

Retoran Ma'Pinah

3. Dapur Sate Si Om

Lokasi tempat wisata Kuliner Khas Subang ini berada di sisi jalan atau sekitar 5 menit dari Gerbang Tol Cipali Subang. Tepatnya di jalan Oto Iskandardinata No. 8 Sukamelang, Subang sehingga tidak sulit diakses menuju Dapu Si Om. Menu andalan Dapur Dapur Si Om adalah sate. Sebelumnya tempat kuliner ini bernama Dapur Sate Cijengkol. Sekilas, tidak ada yang berbeda Sate Si Om dengan sate di tempat lain. Namun saat mulai dinikmati, perbedaan dari rasa dading yang sudah dilumuri sambal kecap khas, akan terasa.

Dapur Sate Si Om

4. Nasi Liwet Saung Ambu

Nasi liwet merupakan makanan khas tradisional dan merupakan salah satu kekayaan kuliner bangsa Indonesia. Bagi orang Sunda, menu nasi liwet biasanya disajikan untuk acara makan bersama dengan keluarga atau teman dan rekan kerja. Rumah makan Saung Ambu, memiliki tempat makan berupa saung bambu atau gazebo di atas kolam ikan. Lokasinya berada di pematang sawah, di tempat ini semilir angin cukup terasa segar. Tempat ini memang cocok bagi anda yang ingin memanjakan lidah dengan makanan khas tradisional. Dan juga membutuhkan ketenangan dengan suasana desa dengan alam yang hijau. Dan jauh dari kebisingan kendaraan.

Nasi Liwet Saung Ambu

5. Rumah Makan Mang Yeye

Rumah makan mang yeye bernuansa tradisional dan dibangun dipinggir area persawahan. Sehingga dapat menikmati makanan sambil menikmati asrinya persawahan. Tidak hanya dapat menikmati makanan menggunakan kursi tetapi juga lesehan. Kelebihan ayam goreng rumah makan mang yeye ini adalah ayamnya tidak digoreng kering. Melainkan masih basah sedikit dan rasanya yang gurih dan empuk. Dan terasa sampai ke tulang.  Sambelnya pun menggunakan rempah-rempah pilihan seperti bawang, cabai, tomat dan lain sebagainya.

Rumah Makan Mang Yeye

6. Ayam Taliwang DTerrace

Ayam Taliwang di Resto DTerrace ini tidak jauh beda dengan ayam taliwang asli Lombok NTB. Ayamnya dibakar dan disajikan dengan pelecing kangkung dan sambal terasi Lombok. Pelecing kangkung adalah kangkung rebus yang dicampur dengan sambal tomat dan terasi. Diatasnya juga ditaburi kacang goreng.

Ayam Taliwang DTerrace

7. Ikan Bakar Aa Badru

Di daerah pusat kabupaten Subang, tepatnya di Jalan Pejuang 45, Kabupaten Subang atau di Jl. Eyang Dongdo, Subang, Karanganyar, Kecamatan Subang. Ada sebuah tempat makan yang spesial menyajikan ikan yang satu ini nama tempat makannya adalah Warung Makan Aa Badru Zaman. Ikan yang khas diolah dengan cara dibakar ini disajikan cukup sederhana setelah dikelupas kulitnya yang cukup keras. Ikan yang sudah direndam dengan air kunyit ini kemudian dibakar dan beberapa kali dioles dengan bumbu penyedap. Harga ikan bakar etong pun terbilang murah yaitu mulai dari Rp. 35.000 sampai dengan Rp. 50.000. Warung makan A Badru ini buka dari jam 12.00 hingga pukul 22.00 WIB.

Ikan Bakar Aa Badru

8. Dapur Tutug

Restoran dapur tutug menawarkan varian makanan khususnya masakan sunda seperti nasi tutug, nasi liwet, nasi kencur dan nasi putih. Dengan varian ikan, ayam, lalapan sesuai selera anda. Jika anda berencana datang dengan teman-teman anda, dapur tutug juga menyediakan paket botram untuk 4 orang. Dengan pilihan nasi yg macam-macam(liwet, tutug, kencur, nasi putih). Dengan lauk khas liwetan orang sunda seperti ayam, ikan nila, ikan asin, tahu tempe, sambal, lalapan, kerupuk,jengkol atau pete. (Dan banyak menu lainnya juga bisa pilih menu sesuai selera). Dan disajikan diatas daun pisang. Dengan harga paket botram mulai Rp. 150.000,- perpaket hingga Rp. 220.000,-. harga yang standar karena dapat dinikmati bersama dengan teman-teman anda ataupun keluarga anda semua.

Dapur Tutug

9. Kedai Iga Bakar Kaisar

Selain menyajikan menu iga bakar, warung kaisar juga menyajikan menu lainnya. Mulai dari nasi goreng buah naga, kentang goreng, aneka jus dan masih banyak menu lainnya. Untuk harganya sendiri tidak menguras kantong terlalu dalam, harganya sangat bersahabat. Untuk kalangan mahasiswa dan pelajar.

Kedai Iga Bakar Kaisar

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!