10 Tempat Wisata Kuliner Khas Purwakarta

Berkunjung ke Purwakarta pasti akan teringat dengan sate marangginya yang terkenal, tapi jangan salah masih banyak lagi kuliner khas Purwakarta yang banyak kita jumpai seperti Colenak, Simping, Peuyeum, ayam goreng Sajolna, Surabi, Es Ciming, Aneka Pepes, Soto Sadang, Ayam Bakakak, Cobek Ikan, dan masih banyak lainnya. Kali ini kami akan membahas wisata kuliner khas Purwakarta, anda penasaran? Baiklah berikut ini rekomendasi kuliner Purwakarta yang cukup legendaris dan rasanya sangat lezat yang bisa menjadi pilihan tempat makan di Purwakarta.

Kuliner Khas Purwakarta

Kuliner Khas Purwakarta

1. Nasi Goreng Khas Purwakarta

Hampir semua restoran besar, apalagi hotel memiliki menu nasi goreng. Namun soal rasa, tentu saja berbeda-beda. Padahal, sebagaimana diungkap di atas, nasi goreng merupakan salah satu makanan paling enak. Nah, Hotel Harper Purwakarta menyajikan makanan yang menjadi salah satu makanan paling enak di dunia tersebut! Apalagi kalau bukan Nasi Goreng. Namun, makanan ini lebih spesial karena nasi goreng tersebut di bumbui dengan Bumbu Rawon yang sangat menggugah selera dan disajikan dengan Buntut Spesial diatasnya. Dengan bumbu tersebut membuat cita rasanya semakin lezat. Nasi Goreng Buntut Rawon, demikian salan satu menu yang ditawarkan di Hotel Harper Purwakarta.

Nasi Goreng Khas Purwakarta

2. Aneka Pepes

Jenis pepes yang dijual di warung makan ini antara lain adalah pepes cumi, pepes ikan, ikan teri, ikan lele, ikan mas, peda, ampela, oncom, telur ikan, ikan gurame, ayam, pepes jamur, pepes belut, hingga pepes jambal. Selain aneka pepes, terdapat juga menu ikan baby. Ikan baby ini merupakan sebutan ikan mas kecil yang digoreng kering. Menu ikan baby ini merupakan salah satu menu paling populer di warung ini. Satu porsi ikan baby ini harganya Rp. 10.000.

Pepes dirumah  makan ibu Ani ini disajikan dengan lalapan dan dua jenis sambal. Yaitu sambal terasi dan sambal mentah. Menu spesial di rumah makan ibu Ani selain pepes juga  menu bakakak ayam (ayam bakar). Dan sambel tomatnya. Bumbu dari bakakak ayamnya benar-benar meresap. Selain dagingnya yang empuk, rasa jahe, bawang, campur manis yang berasal dari gula merah terasa sekali. Dikombinasikan dengan cocolan sambal tomat benar-benar mantap sebagai penggugah selera. Satu porsi bakakak ayam ini harganya Rp. 50.000.

Aneka Pepes

3. Es Ciming Khas Purwakarta

Es campur ini diracik oleh sang perintis usaha yakni Ko Ciming, dimana usaha yang digeluti lelaki Tionghoa tersebut tetap laris manis sampai saat ini. Zaman dulu Es Ciming namanya adalah Es Shanghai, namun kemudian berubah menjadi Es Ciming sesuai dengan nama pembuatnya. Es campur di sini dikenal dengan rasanya yang mantap plus menyediakan juga aneka kuliner lainnya dari batagor sampai pempek. Es campur ini hanya ada di Purwakarta dan tidak buka cabang di tempat lain. Alasannya, agar resepnya tidak di ketahui orang lain atau memang agar Es Ciming memiliki ciri khas Purwakarta.

Es Ciming Khas Purwakarta

4. Sate Maranggi, Makanan Khas Purwakarta

Sate maranggi adalah makanan asli Indonesia yang biasa ditemukan di daerah Jawa Barat, khususnya Purwakarta. Sate maranggi merupakan makanan khas Sunda. Khas sate maranggi dapat dibedakan dari cara penyajian dan bahan yang digunakannya. Sate maranggi yang terkenal adalah khas Purwakarta dan Cianjur. Sate maranggi yang terkenal di Indonesia adalah khas Purwakarta. Sate maranggi khas Purwakarta memiliki 2 varian daging yang digunakan, yaitu daging sapi dan kambing. Sate disajikan dengan acar sambal tomat, sambel oncom, ketan bakar atau nasi timbel.

Sate Maranggi, Makanan Khas Purwakarta

5. Ayam Goreng Sajolna Khas Purwakarta

Terletak di Jalan Basuki Rahmat, warung sederhana milik Hajjah Mimin ini tak pernah sepi pengunjung. Area santapnya ada yang di depan dengan meja kursi atau di bagian belakang dengan bentuk lesehan. Di bagian ini bisa makan sambil melihat gemericik aliran air sungai yang ada di sisinya. Menu utamanya ayam kampung goreng. Bisa dipesan utuh atau potongan juga dengan jeroannya. Per potong harganya Rp. 15.000. Pastinya kami pun ingin membuktikan kelezatan ayam goreng racikan bu Mimin ini.

Ayam Goreng Sajolna Khas Purwakarta

6. Makanan Khas Purwakarta, Peuyeum Bendul

Untuk memperoleh peuyeum bentul tidaklah sulit. Bila anda lewat jalur Padalarang-Purwakarta-Cikampek. Khususnya di daerah Desa Bendul, Purwakarta ada yang menjual peuyeum bendul. Pemajang peuyeum biasanya digantung secara mencolok di setiap gerai. Selain bentuknya yang unik, peuyeum bendul rasanya lebih kenyal dan lebih manis.

Makanan Khas Purwakarta, Peuyeum Bendul

7. Colenak Khas Purwakarta

Kuliner ini pertama diperkenalkan pada tahun 1930 oleh Aki Murdi. Kuliner ini lebih sering menjadi hidangan kudapan atau cemilan karena rasanya yang manis dan sedikit asam. Kuliner ini sendiri merupakan peuyeum atau  tape yang dibakar dan disiram dengan gula yang sudah dicairkan dan kelapa yang dilembutkan di atasnya. Kadang hidangan ini juga disajikan dengan buah nangka, kacang dan ceri di beberapa restoran. Anda bisa menemukan kuliner ini disepanjang jalan Bendul, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Colenak Khas Purwakarta

8. Simping

Simping terbuat dari campuran tepung tapioka dan terigu yang ditambah bumbu penyedap. Bentuknya sangat khas yaitu tipis, bulat, dan pipih. Agar tak tertinggal zaman, produsen simping menambah variasi rasanya. Jika dulu hanya ada dua rasa yaitu asin dan manis, sekarang terdapat rasa durian, nangka, nanas, stroberi, kencur dan bawang.

Simping

9. Soto Sadang

Di tahun 1970-an Soto Sadang Asli hanya berupa warung kecil yang dibuka pak Karta untuk menambah pemasukan keluarga. Racikan awal yang dibuat bu Karta adalah soto mie. Semata-mata sambilan untuk memenuhi kebutuhan sekaligus melayani pegawai KAI. Rumah makan ini menempati area yang luas disamping rumah dinas KAI yang ditinggali Wawan dan Keluarga. Tepat bersisian dengan rel KA. Selain soto, menu lain yan g tersedia hanya ayam goreng, tahu dan tempe goreng saja. Pelengkap soto ini selain taburan emping goreng juga ada acar mentimun dan sambal rawit.

Soto Sadang

10. Mie Tiga Warna

Objek wisata Kuliner Khas Purwakarta mie 3 warna ini memiliki pesona yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat disayangkan jika anda berada dikota Purwakarta tidak mengunjungi wisata kuliner khas Purwakarta ini. Sebenarnya tiga warna ini berasal dari pewarna alami yang berasal dari buah-buahan atau sayuran seperti wortel, akar bit dan buah naga yang merah. Dan tidak menggunakan pewarna kimia apalagi tekstil. Karena pewarnanya alami jadi terlihat biasa saja, beda halnya dengan pewarna kimia yang mempunyai warna yang kuat.

Mie Tiga Warna

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!