15 Kuliner Khas Majalengka Jawa Barat

Kabupaten Majalengka merupakan tempat yang jauh dari keramaian kota yang dapat membuat pikiran lebih fress dengan suasana yang tenang dan nyaman. Daerah ini cukup dikenal oleh banyak orang, dengan adanya bandar udara internasional Jawa Barat yang sedang dibangun. Diharapkan daerah ini akan semakin dikenal di kalangan masyarakat. Berbicara mengenai Majalengka, daerah ini memiliki kuliner khas Majalengka yang tidak banyak orang mengetahuinya. Berikut adalah kuliner khas Majalengka, yang telah kami rangkum untuk anda:

Kuliner Khas Majalengka Wajib Anda Cicipi

Kuliner Khas Majalengka

Banyak sekali makanan dan jajanan yang enak dan tentunya unik. Tidak hanya menyantapnya di tempat, anda juga dapat membawa kuliner khas Majalengka ini kerumah untuk dijadikan 0leh-oleh.

1. Pepes Jeroan

Pepes jeroan, namanya memang tak sepopular dan terkenal seperti surabi atau makanan khas Majalengka lainnya, tapi kalau soal rasa, beuh jangan pernah bandingin dengan makanan yang lain deh. Jika anda sudah mencoba makanan ini pasti ketagihan dan akan mencobanya terus-menerus.

Pepes Jeroan

2. Gula Cakar

Gula cakar pada umumnya sama dengan gula lainnya. Perbedaannya gula cakar ini berbentuk kotak yang ukurannya cukup besar dan berwarna pink. Gula ini biasa dihidangkan untuk minuman kopi dan teh. Gula cakar terbuat dari gula pasir yang dicampur dengan soda agar dapat mengembang.

Gula Cakar

3. Sorabi Oncom

Sebenarnya surabi dapat anda temukan di kota-kota atau kabupaten lainnya karena makanan ini sudah terkenal. Namun yang membedakan surabi yang terdapat di Kabupaten Majalengka ini adalah topingnya menggunakan oncom. Rasa oncom dengan tingkat kematangan yang pas menjadikan ciri khas oncom yang dimiliki Kabupaten Majalengka. Surabi oncom sangat nikmat disantap saat masih hangat bersama sambal.

Sorabi Oncom

4. Tutut

Olahan tutut atau binatang bercangkang sejenis keong juga banyak ditemukan di Majalengka. Diwarung-warung makan, anda dapat mencoba sayur tutut yang dimasak dengan bumbu. Biasanya hidangan ini juga dimakan sebagai camilan. Tidak perlu nasi, anda tinggal memakannya dengan menyuruputnya.

Tutut

5. Lotek

Lotek adalah kuliner khas Majalengka selanjutnya, makanan yang menjadikan bahan utamanya sayur, sambal kacang dan lontong ini mampu mengisi perut anda yang mulai demo meminta makan. Makanan ini sangat mudah ditemukan di Majalengka, karena banyak penjual di pinggir jalan yang menyediakan makanan yang satu ini.

Lotek

6. Lumpia Basah

Kuliner khas Majalengka selanjutnya adalah lumpia basah. Beberapa waktu lalu makanan ini menjadi viral di daerah Jawa Barat hingga hampir semua kota yang memiliki dan membuat makanan ini. Tapi saat makanan ini sampai di Majalengka, langsung berubah dan memiliki keunikan tersendiri di bandingkan lumpia basah pada umumnya.

Lumpia Basah

7. Jalakotek

Jalakotek merupakan camilan khas Majalengka berbahan dasar aci dan tahu yang sudah dibumbui. Makanan ini mirip dengan kue pastel dan paling nikmat disantap jika masih keadaaan hangat, ditemani dengan minuman es teh manis.

Jalakotek

8. Seblak Basah

Seblak yang sudah mulai diataptasi diseluruh Indonesia pun Majalengka juga memiliki ciri khasnya. Terdiri dari olahan kerupuk yang diberi bumbu cabai, bawang merah, bawang putih, sosis dan telur orak-arik. Tersedia juga inovasi varian lainnya yang disajikan dengan kwetiau dan ceker yang sangat nikmat untuk disantap.

Seblak Basah

9. Durian Majalengka

Berkunjung ke Jawa Barat rasanya tidak lengkap jika tidak berburu durian. Dari dulu, Majalengka memang terkenal sebagai salah satu sentra pembibitan buah. Dari mulai jambu air, hingga durian. Anda dapat bisa mendatangi tempat seperti Durian Sinapeul Shakila di Jalan Raya Rajagaluh, Ujungberung, Sindangwangi. Kamu bisa mencoba macam-macam durian seperti perwira, Siriwig, Bokor, dan Cangpis.

Durian Majalengka

10. Kalua Jeruk

Camilan ini mungkin asing bagi anda. Kalua jeruk adalah manisan dari daging kulit jeruk Bali yang dicampur dengan gula kawung (gula merah). Teksturnya yang keras diluar tapi lembut didalam dengan rasa yang sangat manis menjadikan olahan ini banyak diburu wisatawan sebagai kuliner khas Majalengka.

Kalua Jeruk

11. Jalabria

Jalabria salah satu cemilan manis khas MajalengkaJalabria ini terbuat dari ketan hitam yang digoreng kemudian dicelupkan atau ditaburi gula. Bentuk yang lebih lazim ditemui disekitar kita yaitu yang bentuknya bulat dan bolong ditengahnya. Jalabria jenis ini biasa disebut juga dengan kue cincin.

Jalabria

12. Kerupuk Melarat

Kerupuk yang satu ini tidak menggunakan minyak saat memasaknya, hanya menggunakan pasir yang dipanaskan diwajan atau penggorengan tetapi kerupuk ini bisa mengembang. Dan biasanya kerupuk ini dibumbui dengan dua rasa, yaitu asin dan pedas. Kerupuk ini sangat cocok dijadikan tempat makan seperti rujak, bakso, dan lain-lain.

Kerupuk Melarat

13. Mangga Gincu

Mangga gincu maksudnya adalah nama dari buah mangga yang terdapat banyak di Majalengka, buah mangga gincu ini juga dikenal dengan nama buah mangga gedong. Buah ini dahulunya hanya bisa dikonsumsi oleh para bangsawan saja dan para penghuni keraton. Mangga gincu juga memiliki sebutan mangga keraton. Karena yang dapat memakannya hanyalah orang kaya saja. Tetapi sekarang ini mangga gincu dapat dinikmati oleh setiap orang. Anda dapat menjadikan mangga gincu sebagai oleh-oleh dari Kabupaten Majalengka.

Mangga Gincu

14. Oncom Goreng atau Keripik Oncom

Jika anda biasanya makan oncom dalam keadaan basah, di Majalengka anda dapat mencicipi oncom yang diolah kering dengan cara digoreng. Oncom dipotong tipis-tipis dan dilumuri dengan tepung terigu kemudian digoreng. Lebih enak dinikmati bersama bakso atau mie.

Oncom Goreng atau Keripik Oncom

15. Buah Duwet

Satu lagi penganan khas Majalengka berbentuk buah yaitu buah duwet yang banyak di temui di salah satu Kabupaten Majalengka. Masyarakat Majalengka mengenal buah ini dengan sebutan Jamblang. Buah ini sebesar buah anggur hanya saja warnanya hitam keunguan. Buah ini dipercaya memiliki khasiat sebagai obat diabetes dan mencegah kelebihan kolesterol. Rasa buahnya sedikit sepat.

Buah Duwet

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!