10 Rekomendasi Kuliner Khas Batang

Kuliner khas paling terkenal untuk daerah Batang tentu saja soto tauco dan sego megono. Itu sudah tidak terbantah lagi, namun kadang orang melupakan bahwa makanan dibawah ini juga cukup khas untuk menjadi bagian dari ciri khas dari daerah ini. Kuliner khas Batang ini memang banyak macamnya. Kuliner khas Batang memang terbilang unik sehingga dapat membuat anda semakin penasaran. Nah, untuk itu jika anda memiliki kesempatan untuk berkunjung ke Kabupaten Batang atau melintas melewati jalan Pantura. Maka beberapa makanan asli Batang ini wajib anda cicipi. Yaitu:

Kuliner Khas Batang Yang Wajib Anda Cicipi Saat Berkunjung Ke Batang

Kuliner Khas Batang

1. Soto Kebo Khas Batang

Jika kebanyakan penjual soto menggunakan daging sapi, kambing maupun ayam. Berbeda dengan soto di Kabupaten Batang ini, disini soto menggunakan bahan dasar daging kerbau. Kebo merupakan bahasa Jawa dari kerbau. Jadi daging yang digunakan disini adalah daging kerbau. Untuk bahan pendampingnya tidak jauh berbeda dengan soto pada umumnya.  Jika anda penasaran dengan rasanya, coba saja anda cicipi saat berlibur ke Batang.

Soto Kebo Khas Batang

2. Ayam Goreng Mayangsari

Ayam goreng mayang sari merupakan sebuah warung makan yang cukup terkenal, ayam goreng mayang sari terletak di Jl. Jend. A Yani No. 499 Wiradesa. Lokasi yang sangat strategis membuat tempat makan ini ramai oleh pengunjung lokal maupun pemudik yang ingin transit dan mencicipi hidangan spesial.

Ayam Goreng Mayangsari

3. Soto Tauto

Kuliner khas Batang berikutnya adalah soto tauto. Kuliner ini merupakan soto yang memiliki ciri khas kuah yang kental. Sementara itu untuk isiannya adalah daging atau sapi lalu dipadukan dengan soun, daun bawang, potongan kol. Lalu diguyur dengan kuah tauco hangat, lebih nikmat jika ditambah dengan usus kering serta perasan air jeruk nipis.

Soto Tauto

4. Surabi Kali Beluk

Surabi tidak hanya makanan khas Jawa Barat, Batang juga memiliki makanan khas surabi bedanya dengan surabi Jawa Barat hanya pada diameternya. Surabi khas Batang berukuran jumbo, jika surabi Jawa Barat berukuran biasa seperti yang anda sering jumpai. Surabi ini berasal dari Desa Kali Beluk. Terdapat dua jenis rasa yang bisa dinikmati diantaranya kelapa serta ada juga gula merah. Kedua bahan tersebut kemudian dimasak dengan cara memanfaatkan arang serta menghasilkan aroma yang khas serta harum.

Surabi Kali Beluk

5. Lontong Lemprak

Lontong lemprak merupakan salah satu kuliner khas Batang yang sudah turun temurun. Dalam seporsi lontong lempark ini biasanya akan ada opor ayam kampung yang disajikan dengan lontong, tahu rebus, dan kuah yang banyak. Kuahnya memiliki warna kuning keputihan. Untuk cita rasanya adalah gurih santan yang berpadu dengan sambal. Gurih pedas yang membuat nafsu makan siapa pun akan meningkat.

Lontong Lemprak

6. Pindang Tetel Krupuk Usek

Salah satu kuliner khas Pekalongan yang wajib kamu coba kelezatannya kali ini adalah pindang tetel. Makanan tradisional Pekalongan ini sangat lezat karena di dalamnya terdapat tetelan daging sapi serta beraroma wangi karena adanya irisan daun bawang. Bumbu yang digunakan untuk pindang tetel ini terdiri dari kluwak yang dicampur dengan aneka rempah khas Indonesia.

Pindang Tetel Krupuk Usek

7. Kulu Asri 3 Siwatu

Kulu asri 3 Siswatu merupakan tempat wisata kuliner yang juga sangat terkenal. Ditempat wisata kuliner Batang ini anda dapat menikmati hidangan seafood dengan tempat yang bernuansa. Selain seafood, ada juga berbagai ikan bakar, seperti gurame bakar, gurame asam manis dan berbagai macam jenis ikan bakar lainnya.

Kulu Asri 3 Siwatu

8. Warung Makan Tenda

Tempat wisata kuliner selanjutnya yang berada di kawasan Jl. Dr. Sutomo. Yaitu tepat di pertigaan lampu merah RSUD Batang yakni disebelah kanan jalan. Tempat wisata kuliner yang sangat populer dan banyak pengunjungnya ini adalah Warung makan tenda. Di tempat wisata kuliner ini menyediakan menu yang beraneka ragam, ada balado telur, ayam, gorengan, sayuran, megono, kluban, dan masih banyak lainnya menu yang sangat enak dan lezat. Dengan harga yang cukup terjangkau yakni mulai dari Rp 6.000 saja kamu sudah dapat menikmati makanan yang enak dan sangat memuasakan untuk disantap.

Warung Makan Tenda

9. Sotong Ireng

Sebagai wilayah yang berada di pesisir pantai utara maka tidak heran jika Kabupaten Batang juga memiliki olahan dari laut. Sotong ireng merupakan jenis olahan laut yang unik dari Kabupaten Batang. Sotong Ireng merupakan olahan dari cumi-cumi. Sotong ireng ini merupakan masakan dari olahan cumi yang dalam pengolahannya turut mengikut sertakan tintanya sehingga menghasilkan warna hitam. Ireng ini memiliki arti hitam. Cumi yang diolah bersamaan dengan tintanya ini kemudian digoreng serta ditumis dengan menggunakan bumbu tertentu setelah itu diberi santan.

Sotong Ireng

10. Gethuk Iris

Bahan singgong ternyata bisa disulap menjadi bahan makanan yang enak dan menarik. Di Kabupaten Batang Jawa Tengah terdapat olahan dari bahan singkong yang bernama gethuk iris. Gethuk dari bahan baku singkong ini ditumbuk sampai halus dan kenyal. Penjual nantinya akan mengiris gethuk yang akan disajikan tersebut dan menempatkan pada daun serta menambahkan parutan kelapa.

Gethuk Iris

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!