Rekomendasi Kuliner Khas Banjarnegara

Banjarnegara merupakan sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang banyak menyimpan keindahan alam dataran tingginya salah satunya adalah Dieng. Kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke Banjarnegara bila tidak mencicipi kuliner khas Banjarnegara yang sangat terkenal yaitu Dawet. Selain dawet, anda juga dapat mencicipi kuliner khas lainnya yang tidak kalah lezatnya.

Wisata Kuliner Khas Banjarnegara

Wisata Kuliner Khas Banjarnegara

1. Mie Ongklok dan Sate

Mie ongklok adalah mie rebus khas kota Wonosobo dan sekitarnya. Ongklok sendiri adalah semacam keranjang kecil dari anyaman bambu yang dipakai untuk membantu perebusan mie. Penggunaan alat bantu ini adalah khas daerah setempat sehingga diberikanlah nama mie rebus ini sesuai dengan alat tersebut. Cara meraciknya yang tidak mainstream yaitu dengan di kocok dengan bumbu-bumbu khusus. Membuat harga mie ini cukup mahal dibanding mie yang lainnya. Campuran daging sapi, ayam, ebi, sawi dan kol mampu menciptakan perbaduan yang sempurna. Lengkap dengan sate ayam berkuah kacang kental ini. Jika kamu kebingungan mencari mie ongklok yang enak di Banjarnegara, datang saja ke Semampir, Kec. Banjarnegara, tepatnya di warung mie ongklok Pak Tugi yang sudah terkenal dan harganya yang masih wajar untuk kantong mahasiswa.

Mie Ongklok dan Sate

2. Soto Krandegan Khas Banjarnegara

Soto Banjarnegara atau yang lebih dikenal oleh orang Banjarnegara yaitu soto Krandegan merupakan soto yang unik. Berbeda dengan soto-soto lainnya seperti soto bancar dan soto sokaraja yang merupakan kombinasi kuah bening dan kacang tanah. Soto grombyang yang hitam pekat karena kluwek, soto bangkong karena kuah beningnya, ataupun soto kudus dengan khas daging kerbaunya. Soto Banjarnegara berkuah kuning sekilas mirip dengan opor, tapi setelah anda merasakannnya rasanya jauh berbeda dengan opor. Kombinasi kuah kuning dengan santan yang dicampur dan direbus dengan tulang-tulang dan daging sapi menambah gurihnya soto tersebut. Cara penyajiannya biasanya dimakan menggunakan ketupat. Lalu ketupat tersebut diguyur dengan kuah, tidak lupa ditambahkan taoge muda. Irisan daun bawang, dan bawang goreng yang menambah sedapnya soto tersebut. Tidak lupa irisan daging yang tadi di rebus bersama kuah soto ditambahkan.

Soto Krandegan Khas Banjarnegara

3. Es Dawet Ayu

Dawet ayu adalah minuman khas dari Kabupaten Banjarnegara. Dawet ayu mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional. Es Dawet ayu asli khas Banjarnegara lezat serta segar dan sangat cocok diminum pada cuaca panas. Es dawet dapat diminum panas atau pun dingin dengan menambahkan es batu. Rasanya yang segar, inilah keistimewaan serta keunikan minuman tradisional khas Banjarnegara yang satu ini.

Es Dawet Ayu

4. Bakso Ketupat Banjarnegara

Bakso ketupat cukup terkenal di Banjarnegara. Terletak di belakang Polres Banjarnegara, warung makan yang menjual menu Bakso Ketupat ini tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya. Harganya cukup murah yaitu hanya Rp10.000. Ciri khas bakso ketupat ini yaitu rasa kaldu sapinya yang begitu kental, campuran ketupatnya cukup banyak.

Bakso Ketupat Banjarnegara

5. Buntil Banjarnegara

Buntil merupakan kuliner yang terbuat dari daun singkong berisi parutan kelapa. Yang diberi bumbu berupa cairan kuah pedas yang terbuat dari santan. Bahkan saking terkenalnya makanan buntil. Konon di daerah Laut Tengah seperti Yunani dan Turki dikenal pula makanan semacam buntil. Dengan pembungkus daun anggur muda dan diisi dengan nasi. Jadi walaupun namaya agak norak ternyata makanan ini juga di kenal di luar negeri. Di Banjarnegara, makanan berbahan kelapa muda parut berbungkus daun talas. Yang terasa lembut dan gurih ini bisa dinikmati di Waroeng Buntil Mbah Abu Jl. Jend Soedirman No.21.

Buntil Banjarnegara

6. Combro Kalipalet

Combro merupakan makanan khas dari Jawa Barat. Terbuat dari parutan singkong yang bagian dalamnya diisi dengan sambal oncom kemudian digoreng. Karena itulah dinamai combro yang merupakan kependekan dari oncom di jero (bahasa Sunda, artinya: oncom di dalam). Bentuknya bulat lonjong. Makanan ini enak disantap saat hangat.

Combro Kalipalet

7. Dodol Salak

Dodol Salak adalah makanan sejenis dodol yang terbuat dari buah salak dan sangat menarik untuk dijadikan oleh-oleh atau buah tangan. Proses pembuatan Dodol Salak ini cukup sederhana. Resep dodol salah terdiri dari bahan utama salak ditambah bahan pembuat dodol pada umumnya.
Dodol Salak

8. Tempe Mendoan

Tempe Mendoan adalah salah satu makanan khas Banjarnegara yang begitu sederhana yaitu tempe yang dibalut dengan tepung. Kemudian ditambah sedikit irisan daun bawang sebagai penambah citarasanya. Tapi, walaupun sederhana, citarasa yang dihasilkan perpaduan tempe dengan daun bawang yang dibalut dengan tepung ini. Mampu membuat setiap orang yang pernah mencicipinya ketagihan. Tempe Mendoan ini cocok disantap menjelang malam.

Tempe Mendoan

9. Apem

Apem, atau dikenal juga dengan nama Appam di negeri asalanya India, adalah penganan tradisional yang dibuat dari tepung beras yang didiamkan semalam dengan mencampurkan telur, santan, gula dan tape serta sedikit garam kemudian dibakar atau dikukus. Bentuknya mirip serabi namun lebih tebal.

Apem

10. Kripik Kentang Khas Dieng

Kripik kentang adalah salah satu jenis kripik yang di sukai banyak orang karena rasanya yang gurih dan renyah. Kripik kentang Dieng di buat dari kentang farietas khusus (kentang industri). Bukan kentang sayur yang banyak di jual di pasar-pasar tradisional atau super market. Kentang industri mempunyai beberapa kelebihan antara lain kandungan patinya yang lebih tinggi tapi kandungan gulanya justru lebih rendah. Itulah sebabnya jika di buat kripik hasil gorengannya akan lebih renyah (crispy) tidak lembek jika menggunakan kentang sayur. Warnanya lebih jernih dan rasanyapun lebih gurih. Anda bisa memilih kripik kentang Dieng ini dalam berbagai rasa seperti kripik kentang balado. Kripik kentang rasa sapi panggang atau ayam panggang.

Kripik Kentang Khas Dieng

11. Kacang Dieng

Kacang Dieng adalah jenis kacang yang polongnya mirip buncis, tetapi bentuk polongnya lebih pendek dan lebih besar. Setiap polong berisi antara 2-3 biji, bijinya berbentuk agak lonjong, gemuk dan salah satu ujungnya membesar mirip pantat babi. Itulah sebabnya ada yang menyebut kacang Dieng dengan kacang babi (Vicia faba L). Kacang Dieng sudah menjadi jajanan khas daerah tersebut dan cocok sekali buat oleh-oleh. Kacang Dieng banyak di jual dalam bentuk kacang goreng yang di sajikan dalam berbagai rasa.

Kacang Dieng

12. Kerupuk Salak

Keripik salak adalah keripik hasil olahan buah salak yang digoreng dengan cara khusus, biasanya menggunakan mesin penggoreng hampa. Jika menggunakan cara penggorengan biasa yakni dengan menggunakan kuali atau wajan buah salak tidak akan menjadi keripik. Karena buah akan rusak terkena suhu panas yang berlebihan. Dengan menggunakan mesin penggoreng hampa buah salak digoreng dengan suhu yang lebih rendah sekitar 50-60 derajat celcius. Sehingga tidak merusak buah salak tersebut.

Kerupuk Salak

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!