10 Kuliner Boyolali Yang Wajib Anda Cicipi

Setiap daerah pasti memiliki kuliner khas daerahnya sendiri, begitu pula Boyolali. Kuliner Boyolali juga memiliki cita rasa yang sangat enak dan lezat. Tempat wisata kuliner ini cukup banyak diminati oleh warga lokal ataupun luar daerah. Jika anda berkunjung ke daerah Boyolali, anda bisa mampir ke tempat wisata kulinernya yang sangat populer ini.

Tempat Wisata Kuliner Boyolali Paling Enak dan Populer

Kuliner Boyolali

Kuliner di Boyolali cocok sekali untuk dijadikan oleh-oleh maupun cemilan dalam perjalanan. Beritku daftar oleh-oleh khas Boyolali paling enak buat ngemil.

1. Dodol Susu Sapi

Jika di Jawa Barat kita familiar dengan Dodol Garut. Kalau di Boyolali Dodol Susu merupakan buah tangan yang wajib anda gondol. Bahan dasar dodol sapi ni serupa dengan dodol di tempat lain yakni menggunakan tepung ketan dan gula. Namun karena campuran susu sapi segar di dalamnya membuat tektur dan kelezatan dodol susu ini. Membuat para penikmat kuliner ingin nambah dan nambah lagi. Kuliner ini bisa dengan mudah kita jumpai di kawasan sekitar agrowisata alam Selo. Umumnya untuk 1 box kotak berisi 8 – 10 dodol susu kita hanya perlu mengeluarkan uang Rp. 7.000,- sampai dengan Rp. 10.000,-.

Dodol Susu Sapi

2. Soto Mbok Giyem

Soto Mbok Giyem adalah soto legendaris dari kota Boyolali yang wajib kalian coba. Soto dengan kuah yang sangat khas, berasal dari kaldu dan aneka rempah yang kuat. Membuat Soto Mbok Giyem ini menjadi idola para pelancong ketika berkunjung ke Boyolali.  Nama dari Soto Mbok Giyem ini juga sudah sangat populer di area sekitar Solo Raya. Bahkan di Solo juga terdapat cabang dari Soto Legendaris Boyolali ini. Jika anda berkunjung ke Soto Mbok Giyem ini. Jangan lupa saat menyantap soto jangan lupa mengambil aneka sate yang di sediakan di meja kalian. Sekali mencoba kenikmatannya, dijamin kalian akan kembali lagi ke sini. Jika kalian berminat menyantap Soto Seger Mbok Giyem di tempatnya langsung. Anda harus datang sebelum jam makan siang, takutnya kalian akan kehabisan jika datang lebih dari jam makan siang.
Soto Mbok Giyem

3. Marning

Marning adalah penganan terbuat dari butiran jagung kering yang digoreng dengan minyak panas. Di Boyolali, marning sangat dikenal, banyak sekali toko-toko yang menjualnya. Marning di Boyolali populer dengan beberapa rasa, seperti gurih, asin, pedas dan manis. Bahkan, ada beberapa yang menjual marning dengan varian rasa baru seperti barbeque, balado, keju, dan lain sebagainya.

Marning

4. Iga Sapi Bakar

Untuk kuliner Boyolali yang satu ini memang sangat cocok dengan kearifan budaya lokal di Boyolali. Sajian kuliner dengan nama Iga Sapi Bakar Boyolali ini merupakan kuliner berbahan dasar daging sapi. Yang diolah dengan menggunakan bumbu dan rempah pilihan. Sehingga menjadi bentuk makanan yang menggoda kemudian baru di bakar menggunakan api kecil. Perpaduan rasa daging yang empuk dan lezat serta gurihnya bumbu tradisional yang meresap ke kedalam daging tersebut. Sehingga membuat lidah kita akan dimanjakan oleh makanan kuliner yang satu ini. Sajian kuliner Iga sapi bakar ini bisa kita dapatkan di kawasan Jl. Merapi, kecamatan Boyolali.

Iga Sapi Bakar

5. Merbabu Penyet Boyolali

Tempat wisata kuliner Boyolali yang satu ini yakni berada di warung Merbabu Penyet Boyolali. Tempat wisata kuliner Boyolali yang satu ini bentuknya sangat unik, karena ruangannya di desain seperti toko-toko layaknya di film koboi. Tempat wisata kuliner yang berdiri pada November 2012 ini, tepatnya berada di Jl. Merbabu, Boyolali. Oleh karena itu dinamakan merbabu penyet boyolali. Di tempat wisata kuliner ini menyediakan penyetan dengan sambalnya yang sangat istimewa. Menu yang ditawarkan seperti lele penyet, bebek penyet, ayam penyet dan jamur crispy.

Tetapi menu yang paling favorit di tempat wisata kuliner ini adalah bebek penyet dan jamur crispy. Tempat wisata kuliner Boyolali biasanya ramai buka pada jam makan siang dan makan malam. Selain untuk tempat makan. Tempat wisata kuliner ini juga bisa untuk tempat rapat atau acara-acara tertentu karena tempat wisata kuliner ini ruangannya cukup luas. Bahkan harga yang ditawarkan di tempat wisata kuliner Boyolali sangat terjangkau yakni mulai dari Rp 6.500 – Rp 14.500.

Merbabu Penyet Boyolali

6. Sego Tumpang

Selanjutnya tempat wisata kuliner Boyolali yang juga cukup populer ini adalah warung Sego tumpang. Tahukah kamu bahwa Sego tumpang ternyata adalah nasi yang dibuat dari olahan tumpang atau tempe busuk. Tetapi kalian harus tahu rasa dari kuliner yang satu ini sangatlah enak dan patut kamu coba. Karena rasanya tidak semengerikan kedengarannya. Kuliner ini dibuat dengan cara menumbuk tempe busuk, bawang merah, bawang putih, daun salam, lengkuas, kencur, dan cabai. Kemudian direbus dan diberi bumbu-bumbu dengan santan hingga matang. Tempe busuk ini sengaja dibusukkan karena akan memberikan rasa khas pada masakan tersebut. Biasanya sego tumpang disajikan dengan sayuran sebagai pelengkapnya. Jika anda penasaran dengan kuliner yang satu ini. Anda bisa menikmati Sego tumpang yang terkenal di daerah Boyolali yakni di sego tumpang suprih. Tempat wisata kuliner Boyolali ini terletak di jalan tentara pelajar, boyolali. Untuk satu bungkus sego tumpang di tempat wisata kuliner ini hanya dihargai Rp. 3.000.

Sego Tumpang

7. Keripik Ceker

Berbahan ceker ayam yang sudah dihilangkan tulangnya, maka kulit dan sedikit daging cakar ayam ini. Disulap menjadi makanan yang sangat diminati banyak orang. Bahkan orang yang tidak suka cakar ayam pun bisa sangat doyan dengan keripik ceker yang renyah dan asin ini.

Keripik Ceker

8. Dendeng Sapi

Boyolali juga merupakan daerah pemasok daging sapi yang sangat besar di Indonesia. Oleh masyarakat sekitar kemudian dimanfaatkan dengan membuat berbagai produk olahan baik dari daging, kulit maupun tulang sapi. Salah satu olahan tersebut ialah dendeng. Dendeng sapi banyak dijual dengan kemasan plastik di toko-toko.

Dendeng Sapi

9. Bebek Goreng Pak Pinggir

Bebek Goreng Pak Pinggir ini mungkin sudah sangat akrab di telinga warga Boyolali, karena reputasi bebek gorengnya yang menggugah selera. Sebenarnya Warung Pak Pinggir ini tidak hanya menyediakan Bebek goreng saja, melainkan ada ayam goreng dan burung dara goreng. Tapi yang jadi primadona tetap Bebek Gorengnya. Sebenarnya bebek goreng pak pinggir ini berada di kawasan Pengging. Namun kini sudah ada cabangnya yang lebih mudah aksesnya karena letaknya berada di kawasan kota Boyolali. Dan berada di dekat jalur utama Solo-Semarang. Hal yang membuat Bebek Goreng Pak Pinggir menjadi idola adalah rasa gurih. Dan terpenting tidak ada lagi bau khas daging bebek. Yang anyir membuat anda bakal ketagihan melahap nikmatnya santapan Bebek Goreng Pak Pinggir Boyolali ini. Lokasinya tidak jauh dari pemandian Pengging Boyolali. Alamat lengkapnya berada di Dukuh, Banyudono, Dukuh, Boyolali, Kabupaten Boyolali.

Bebek Goreng Pak Pinggir

10. Jenang Pecel

Kuliner yang juga banyak dicari pembeli ini adalah Jenang pecel. Menu kuliner boyolali ini adalah semacam modifikasi dari pecel sayuran pada umumnya, tetapi tidak disajikan dengan nasi, melainkan dengan jenang. Jenang yang digunakan disini sebenarnya adalah bubur sumsum yang terbuat dari tepung beras. Biasanya kuliner boyolali ini dijajakan di warung-warung kecil yang ada di perkampungan penduduk. Tetapi ada juga penjual keliling yang menggunakan gendongan. Uniknya kuliner yang satu ini disajikan di atas pincuk, yakni alas makan yang terbuat dari daun pisang. Sehingga rasanyapun lebih enak dan sedap, selain itu juga murah meriah.

Jenang Pecel

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!