20 Referensi Kuliner Khas Bogor Jawa Barat

Liburan ke Bogor tentu belum lengkap tanpa mencicipi kuliner khas Bogor yang enak dan murah meriah. Tidak hanya wisata kuliner khas Bandung yang terkenal akan kelezatannya. Kuliner khas Bogor pun sangat enak dan maknyus lho. Kira-kira apa saja ya wisata kuliner makanan daerah khas Bogor yang wajib kita cobain? Berikut kuliner khas Bogor yang akan kami bahas.

Kuliner Khas Bogor Yang Wajib Anda Coba

Kuliner Khas Bogor

1. Bapatong

Salah satu kuliner khas Bogor adalah bapatong. Namanya cukup unik kedengarannya, ya? Bapatong ini merupakan singkatan dari Bakso Kupat Gentong. Ketupat yang dipotong bentuk dadu disajikan. Dengan bakso ditambah dengan daging iga sapi yang dipotong-potong dan kuah bakso dari kaldu sapi. Jika Anda ingin mencicipi Bapatong, Anda dapat datang ke Jl. Pangrango No 1, Bogor.

Bapatong

2. Es Pala

Ada gang di Surya Kencana yang sangat legendaris, namanya Gang Aut. Di gang ini, kamu perlu jajal es pala Bu Aisyah yang sudah melewati tiga generasi sejak tahun 1943. Walau lapaknya sederhana, Es Pala selalu diburu oleh penggemar kesegaran di terik siang. Uniknya, meski hujan pun, es pala tetap tak kekurangan pelanggan. Manjakan siangmu dengan es yang tersusun dari serutan istimewa buah pala. Yang asam dengan disajikan bersama air gula dan es batu. Kamu juga bisa menikmati Es Pala yang telah berkombinasi dengan mangga, kelapa, dan sirsak. Selain lezat, es pala ini ternyata memiliki manfaat lebih, seperti mengatasi insomnia. Melancarkan pencernaan, mengurangi nyeri datang bulan pada wanita, serta mengatasi rasa mual. Bagaimana? Dari cerita segarnya, rasanya cukup ampuh untuk bikin kepalamu adem.

Es Pala

3. Asinan Bogor

Makanan khas Bogor yang satu ini sudah terkenal banget dibanding jenis makanan khas yang lain. Proses pembuatannya yaitu diasinkan dengan garam atau dengan diasamkan menggunakan cuka. Rasa dari makanan khas Bogor yang satu ini punya ciri khusus yaitu rasanya pedas namun juga ada asamnya. Pada bulan puasa makanan ini sangat laris karena sering digunakan sebagai menu buka puasa.

Asinan Bogor

4. Laksa Bogor

Makanan khas Kota Bogor ini sama terkenalnya dengan laksa Betawi. Uniknya, laksa Bogor diberi campuran oncom dan tidak menggunakan mie. Teksturnya memang agak kasar karena ada parutan kelapanya, namun rasanya tetap enak dan gurih. Laksa Bogor biasanya disajikan dengan ditambah tahu kuning, telur rebus, dan taburan serundeng.

Laksa Bogor

5. Pepes Sagu

Makanan tradisional khas Bogor ini berbahan dasar sagu, beda daripada pepes yang biasanya kamu kenal kaaan. Pepes sagu ini bisa kamu temukan di Jalan Surya kencana yang banyak menyediakan aneka jenis sajian kuliner khas Bogor.

Pepes Sagu

6. Ngo hiang

Kuliner satu ini ada yang halal dan tidak. Merupakan kuliner khas China yang sudah diadaptasi ke Indonesia, ngo hiang ini aslinya menggunakan daging babi. Namun, saat ini sudah banyak yang membuatnya dengan berbahan ayam atau udang, kemudian digulung dan dipotong-potong. Kulitnya biasa garing, tetapi dagingnya empuk.

Ngo hiang

7. Cungkring

Cungkring merupakan kikil yang dimasak dengan bumbu kuning dan disantap bersama lontong serta siraman bumbu kacang seperti sate. Bila ingin menikmati kuliner yang satu ini. Anda sebaiknya datang ke Jalan Suryakencana diantara jam o7.00 hingga jam 08.00 pagi agar tidak kehabisan.

Cungkring

8. Asinan Jagung Bakar

Kuliner yang satu ini memang jarang ditemukan di kota-kota lain di Indonesia. Bisa dibilang makanan ini khas kota Bogor. Sehingga bagi anda yang berkunjung di kota Bogor jangan sampai ketinggalan untuk menyantap asinan jagung bakar. Kuliner yang satu ini bisa dibilang sederhana penyajiannya. Jika biasanya sayuran dan buah yang dijadikan asinan, di kota Bogor punya keunikan asian yaitu berbahan dasar jagung. Tidak heran memang jika asinan jagung bakar ini menjadi salah satu kuliner favorit di kota hujan ini.

Asinan Jagung Bakar

9. Bolu Lapis Sangkuriang

Makanan khas bogor yang terkenal lezat berikutnya adalah Bolu Lapis Sangkuriang. Jika sebelumnya makanan khas berupa makanan utama atau makanan berat. Namun kali ini makanan ringan atau snack berupa bolu bisa Anda dapatkan di kota bogor. Bolu ini berbahan dasar talas, yang mana sejak dari zaman dahulu kota Bogor sangat identik dengan olahan talas. Namun bagi Anda yang masih mengira talas adalah olahan makanan pedesaan, di kota Bogor tidak lagi.

Bolu Lapis Sangkuriang

10. Ubi Bakar Cilembu

Makanan khas Sunda di Bogor yang satu ini bisa kamu temukan di kawasan Puncak. Banyak pedagang yang menjajakan ubi bakar Cilembu di sepanjang jalan menuju kawasan Puncak, Bogor. Rasanya yang manis bagai madu bisa membuat ketagihan.

Ubi Bakar Cilembu

11. Roti Unyil

Makanan khas bogor yang terkenal lezat berikutnya adalah roti unyil, roti yang satu ini memiliki nama uniik. Karena bentuknya yang kecil bahkan bisa habis hanya dengan satu kali makan. Rasanya sangat lezat dan sangat cocok dijadikan cemilan. Meskipun ukurannya kecil roti unyil adalah olahan roti yang kaya gizi dan juga mengenyangkan. Makanan yang satu ini juga bisa anda jadikan oleh-oleh khas kota Bogor. Karena dikemas dengan baik dan rapi sehingga sangat baik untuk dijadikan hadiah atau oleh-oleh.

Roti Unyil

12. Mie Glosor

Sajian kuliner ini sering dijadikan menu buka puasa oleh warga muslim Bogor. Ciri khas mie ini adalah mienya berewarna kuning keemasan berbahan dasar tepung singkong dan kunyit.

Mie Glosor

13. Gepuk Karuhun

Dilihat dari namanya, gepuk karuhun memang cukup unik tetapi memiliki arti yang bagus. Karuhun berarti leluhur, jadi makanan gepuk karuhun ini merupakan makanan yang sudah turun temurun. Gepuk karuhun sering disebut empal namun perbedaannya terletak pada pengolahannya.

Gepuk Karuhun

14. Doclang

Jika Cirebon punya docang, maka Bogor punya doclang. Doclang ini mirip dengan kupat tahu dan lontong sayur. Doclang ini terdiri dari pesor, irisan tahu goreng. Irisan kentang rebus goreng, telur rebus, bumbu kacang cair, kecap dan kerupuk atau emping tangkil. Pesor adalah sejenis ketupat yang terbuat dari beras putih yang dibungkus dengan menggunakan daun patat dan direbus selama beberapa jam. Sementara daun patat ini biasanya tumbuh liar di kaki Gunung Salak. Beberapa penjual doclang yang “fanatik” biasanya juga hanya menggunakan kecap merk Zebra yang merupakan kecap asli Bogor. Saat ini, sudah tidak terlalu banyak penjual doclang di kota Bogor.

Doclang

15. Macaroni Panggang

Kuliner khas Bogor selanjutnya ini mirip dengan macaroni schotel bertekstur garing di luar dan lembut didalam. Ukuran dalam penyajian pun ada tiga macam, yaitu small, medium, dan large. Jika ingin dijadikan oleh-oleh, sebaiknya kamu membeli ukuran medium ataupun large.

Macaroni Panggang

16. Pia Apple Pie

Makanan ringan khas Bogor satu ini juga cukup populer di kalangan warga Bogor. Apple pie berbentuk hati dengan ukuran yang relatif besar. Teksturnya renyah dan garing dipadukan dengan selai apel yang lembut. Toko yang menjual apple pie berada di Jalan Pangrango Nomor 10, Bogor.

Pia Apple Pie

17. Bika Bogor Talubi

Bika bogor terkenal di kota ini adalah Bika Bogor Talubi yang memiliki tekstur lembut dengan beragam pilihan rasa. Beberapa di antaranya adalah talas, cokelat, coco pandan, nangka, dan green tea. Satu kotak Bika Bogor Talubi dijual dengan harga sekitar Rp35.000. Tak hanya memiliki rasa yang lezat. Bika yang bisa ditemukan di Jalan Raya Pajajaran No. 20M ini juga aman untuk kamu konsumsi karena bebas dari bahan pengawet.

Bika Bogor Talubi

18. Kacang Bogor Istana

Cemilan khas Bogor ini bentuknya bulat dan dalamnya berwarna ungu. Cemilan ini banyak dijajakan oleh pedagang pada bulan Februari sampai dengan April. Cocok dijadikan cemilan di kala hujan mengguyur Bogor.

Kacang Bogor Istana

19. Strudel Bogor

Strudel merupakan pastri berlapis yang biasanya berisi manisan seperti potongan apel, cokelat, dan karamel. Di Bogor, ada Strudel Bogor yang wajib kamu jadikan oleh-oleh. Begitu terkenal di kalangan wisatawan. Kini Strudel Bogor telah menjadi ikon pusat oleh-oleh terkenal di Bogor bernama Pusat Oleh-oleh Jumbo (Jumpa Bogor).

Strudel Bogor

20. Miss Pumpkin

Selain talas, ada pula bahan utama lain yang diolah sebagai oleh-oleh khas Bogor, yakni labu parang. Miss Pumpkin berhasil mengolah labu parang menjadi bolu dan brownies dalam berbagai rasa. Pilihan rasa yang ditawarkan adalah labu, cokelat, jeruk, hingga green tea. Satu kotak bolu atau brownies dijual dengan harga sekitar Rp30.000 – Rp35.000. Kalau penasaran, kamu bisa langsung datang ke toko Miss Pumpkin di Jalan Pajajaran Ruko No 84H.

Miss Pumpkin

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!