17 Rekomendasi Kuliner Khas Garut

Tiap daerah pasti memiliki oleh-oleh khas yang unik. Karena itu setiap kali jalan-jalan ke suatu daerah pasti ingin cari oleh-oleh. Baik untuk dinikmati sendiri ataupun untuk diberikan kepada kerabat ataupun teman. Demikian pula dengan Garut yang meskipun kotanya tidak terlalu besar. Namun ada banyak objek wisata, makanan serta kuliner khas Garut yang jangan sampai dilewatkan. berikut ini kami berikan daftar kuliner khas Garut yang sudah kami rangkum dari berbagai media yang telah kami rangkum.

Kuliner Khas Garut

kuliner khas garut

1. Dodol Picnic

Kuliner khas Garut yang paling pamungkas adalah dodol. Bagaimana tidak. Siapa di Indonesia ini yang tidak kenal dengan Dodol Garut? Sebenarnya ada banyak sekali merk dan jenis dodol Garut yang bisa disapatkan di hampir seluruh penjuru kota Garut & Cipanas. Tapi salah satu merk dodol yang paling terkenal dan sudah ada dari dulu adalah Dodol Picnic. Selain di toko oleh-oleh biasa, Dodol Picnic juga bisa dibeli di Galeri Dodol Picnic sekaligus lihat proses pembuatannya.

Dodol Picnic

2. Awug

Awug merupakan makanan tradisional sekaligus kuliner khas Garut Jawa Barat. Makanan inbi terbuat dari tepung beras dan isiannya gula merah. Awug sangat enak disantap ketika masih hangat.

Awug

3. Dorokdot dan Kerupuk Kulit

Dorokdot terbuat dari kulit sapi. Dorokdot diolah menggunakan rempah-rempah dan tanpa bahan pengawet. Sementara, kerupuk kulit terbuat dari kulit kerbau. Cara pembuatan kerupuk kulit sama dengan dorokdot. Kedua makanan ini dibuat melalui proses yang cukup lama. Masyarakat yang membuatnya memerlukan waktu lima sampai tujuh hari.

Dorokdot dan Kerupuk Kulit

4. Moring Garutan

Moring merupakan singkatan dari cimol kering. Cimol juga sama terbuat dari tepung kanji, tetapi lebih tipis. Cimol kering ini versi lainnya dibuat keras seperti kerupuk. Anda akan banyak menemukan makanan ini dipinggir jalan. Tetapi sekarang sepertinya sudah ada UKM yang melirik makanan ini dan menggemasnya dengan kemasan yang bagus. Sehingga rasanya pun jadi banyak. Makanan khas Garut ini kini tersedia rasa pedas, keju, barbeQ, original, dan lain-lain. Cocok untuk dijadikan camilan.

Moring Garutan

5. Es Goyobod

Es goyobod khas Garut ini merupakan minuman favorit para wisatawan. Minuman ini mirip dengan es campur, akan tetapi yang paling membedakan dan membuat es ini unik adalah terdapat potongan tepung kanji yang disatukan dengan es campur tersebut. Meskipun Garut adalah tempat yang sejuk, terkadang segelas Es Goyobod di siang hari yang cukup terik dapat membuat harimu menjadi lebih baik lagi.

Es Goyobod

6. Burayot

Makanan manis yang satu ini merupakan makanan khas sekaligus menjadi oleh-oleh yang wajib dibawa oleh para wisatawan asing. Pembuatannya yang digoreng ini menjadikan aroma khas dari makanan tersebut. Dengan semakin berkembangnya penjualan makanan ini. Kini tersedia varian rasa mulai dari rasa durian, coklat, kacang ijo, dan masih banyak lagi.

Burayot

7. Soto Ayam Garut

Soto ayam Garut cukup terkenal dengan rasa dan penampilannya yang menggugah selera. Kuah sotonya asin gurih menggunakan santan kuning yang cukup pekat karena banyak mengandung bumbu dan rempah-rempah. Selain daging, kuah sotonya ditaburi kacang kedelai goreng dan bawang. Hidangan yang satu ini cocok untuk anda santap pada saat hujan. Karena dihidangkan hangat-hangat.

Soto Ayam Garut

8. Baso Aci (Bacil)

Seperti namanya, bakso aci terbuat dari tepung kanji yang diolah dengan bumbu khas dan disajikan dengan kuah. Baso aci biasanya juga diisi dengan daging dan mempunyai rasa sama seperti cilok. Baso aci atau bacil ini bisa kamu temui dengan mudah saat berkunjung ke Garut karena banyak sekali rumah makan yang menyajikan menu andalan baso acil atau bacil ini.

Baso Aci (Bacil)

9. Nasi Liwet

Saat anda berkunjung ke Garut, jangan lupa mampir ke rumah makan Asep Strawberry yang berada di Jl. Raya Kadungora No. 245, Leles, Garut. Karena disini menyediakan sajian kuliner khas Garut yang diberi nama nasi liwet. Rasa dan penyajian nasi liwet ini sangat unik sehingga menjaid favorit para wisatawan.

Nasi Liwet

10. Kue Balok Maranti

Kue balok maranti merupakan kue yang dibuat dengan cetakan yang dipanggang di atas bara arang. Kue yang satu ini banyak diminati mulai dari kaum muda sampai kaum yang tua. Teksturnya yang kering diluar dan lembut didalam membuat ketagihan. Kue ini sering disajikan bersama secangkir kopi atau susu. Lebih lengkap lagi dimakan di waktu hujan atau malam dan pagi hari.

Kue Balok Maranti

11. Chocodot

Berawal dari ide seorang pria asal Garut, Chocodot ini akhirnya dikenal jadi salah satu oleh-oleh khas Garut yang berkesan modern. Dengan mengkombinasikan berbagai jenis coklat dan bahan-bahan lokal lainnya seperti buah, kacang, cabai bahkan dodol, terciptalah puluhan jenis produk Chocodot yang menarik untuk diberikan kepada teman atau sanak saudara sepulang liburan dari Garut.

Chocodot

12. Sambal Cibiuk

Sambal cibiuk merupakan salah satu olahan sambal favorit di Jawa Barat. Rasanya sangat berbeda dengan sambal pada umumnya. Tidak hanya rasa, tampilannya juga sangat menggugah selera karena terbuat dari bahan-bahan berwarna hijau yang menyegarkan. Seperti cabai rawit hijau, tomat hijau, dan juga kemangi. Jika kalian sedang berada diGarut, rumah makan yang memiliki sambal cibiuk yang lezat dan populer adalah RM. Cibiuk-Garut.

Sambal Cibiuk

13. Opak Bungbulang

Cemilan yang satu ini sejenis kerupuk khas Sunda, Jawa Barat. Bahan dasarnya adalah tepung besar yang dicampur bumbu, gula, garam. Kemudian dicampur air sehingga menjadi adoanan yang lunak. Setelah dibuat lembaran tipid kemudian dijemur hingga kering dan dibakar diatas perapian. Opak yang terkenal di Garut adalah opak Bungbulang yang merupakan nama kecamatan di bagian selatan Garut.

Opak Bungbulang

14. Rangginang

Rangginang atau rengginang pada dasarnya adalah olahan makanan yang sama jenisnya. Rangginang berbahan dasar beras ketan yang dikukus. Kemudian dibumbui dan dibentuk bulat bulat. Kemudian dijemur di bawah terik sinar matahari selama beberapa hari. Setelah beras ketan yang telah dibentuk tersebut benar-benar kering. Barulah digoreng menggunakan minyak hingga menghasilkan cemilan garing yang kriuk kriuk ketika dimakan.

Rangginang

15. Wajit Cisompet

Makanan khas Garut yang satu ini terbuat dari ketan berkualitas unggul yang dicampur dengan santan dan gula merah. Di Jawa Barat, wajit yang cukup terkenal adalah wajit Cililin. Meskipun begitu ada jenis wajit lain yaitu wajit Cisompet khas Garut yang teksturnya legit dan unik. Wajit Cisompet ini ukurannya lebih besar dan dibungkus menggunakan daun pelepah kawung atau daun aren. Seperti namanya, wajit Cisompet banyak dijumpai di Kecamatan Cisompet setelah kamu mengunjungi Pantai Santolo atau Pantai Sayang Heulang.

Wajit Cisompet

16. Bakso Mang Ano

Bakso yang satu ini banyak dinikmati masyarakat sekitar dan poara wisatawan. Selain bakso uratnya, kuahnya pun begitu gurih. Ditambah dengan potongan-potongan kulit kepala sapi yang empuk. Semakin membuat lidah tidak karuan. Hanya dengan mengeluarkan uang Ro. 15.000 anda dapat mendapatkan 1 porsi mangkuk bakso ini.

Bakso Mang Ano

17. Surabi

Surabi merupakan salah satu makanan  khas Sunda. Surabi terbuat dari tepung beras dan kelapa. Uniknya surabi dimasak menggunakan arang. Sehingga aromanya pun menjadi ciri khas makanan ini.

Surabi

Demikian beberapa daftar kuliner khas Garut yang populer dan harus kalian coba ketika berlibur ke kota Dodol tersebut. Jadi sekarang sudah tidak bingung lagikan jika diminta bawakan oleh-oleh dari Garut? Selamat berburu oleh-oleh khas Garut!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!