16 Kuliner Khas Karawang Yang Wajib Anda Cicipi

Berkunjung ke suatu daerah tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan khas daerah tersebut. Makanan khas merupakan makanan yang menjadi ciri khas sebuah daerah, contohnya seperti makanan khas yang akan kita bahas kali ini. Yaitu kuliner khas Karawang, jika mendengar kata Karawang kita akan teringat jika kota tersebut khas dengan dua hal. Yaitu kota industri sekaligus kota lumbung padi. Selain makanan khas Karawang yang harus anda coba langsung saat berada di Karawang.

Kuliner Khas Karawang

kuliner khas karawang

Ada juga oleh oleh khas Karawang yang bisa anda berikan kepada sanak saudara ataupun teman dekat anda. Bagi para pecinta kuliner, artikel kali ini kami akan mengulas beberapa jenis kuliner khas Karawang. Yang wajib dicoba dan dijamin tidak akan mengecewakan perut serta lidah anda. Berikut daftar kuliner khas Karawang:

1. Sorabi Kuntilanak

Sorabi hijau buatan M. Kasim, pertama kali diluncurkan pada tahun 1995. Sebelumnya , ia mempelajari resepnya dari seorang Cina di Rengasdengklok. Sorabi hijau itu dikenal juga dengan nama Sorabi Kuntilanak. Karena tempat berjualannya sempat berada di depan pemakaman sebelum kini beralih ke tanah pribadi Kasim.

Sorabi Kuntilanak

2. Soto Gempol

Rumah makan Soto Gempol dengan alamat lokasi Jl. Rangga Gede No. 33 Karawang dan nomor telepon (0267) 404005. Merupakan ikon kuliner kota Karawang yang sudah ada sejak tahun 1980-an didirikan oleh H. Abdul Syukur dan Hj. Fatimah. Rumah makan ini buka setiap hari dari jam 09.00 hingga 21.00 WIB dengan harga per porsi sekitar Rp.30.000.

3. Es Walikota

Es Walikota adalah kedai es buah yang memiliki kepanjangan dari namanya yaitu Es Warung Lingkungan Kota. Sesuai lokasinya di daerah kota Karawang, pada kedai es ini dapat memilih sendiri es, buah, roti. Maupun snack yang ingin di makan dalam ukuran mangkuk tertentu. Sistem swalayan ini ternyata dapat menarik perhatian pengunjung untuk datang dan mencoba berbagai menu pada kedai Es Walikota tersebut.

Es Walikota

4. Pujasera Tuparev

Pujasera merupakan kios-kios makanan dengan aneka ragam dan selera nusantara. Mendapat dukungan 20 kios makanan, Pujasera menawarkan sekitar 60 lebih menu makanan bagi pengunjung. Para pedagang yang ada di pujasera awalnya berasal dari pedagang kaki lima. Yang ada di jalan seputar Karawang ataupun luar kota Karawang.

Pujasera Tuparev

5. Ayam Panggang M. Ochit

Kuliner khas Karawang selanjutnya yaitu ayam panggang. Salah satu kedai yang cukup ramai adalah milik M. Ochit . Letaknya di depan SD Mandalasari. Uniknya, ayam ini sama sekali tidak direbus dulu dengan bumbu, melainkan dibumbui dalam kondisi mentah saja. Bumbunya terasa gurih, bersama warung kuning pertanda ada peran kunyit sebagai komponen bumbunya. Ayam dilipat sedemikian rupa sehingga paha dan sayapnya saling melipat kokoh. Saat pembeli datang, barulah ayam dipanggang sampai matang.Saat dicicipi, wah, bumbunya meresap hingga ke dalam daging. Selain itu dagingnya juga empuk, mudah sekali disobek. Soalnya pakai ayam kampung muda, sekitar umur 4 bulanan.

Ayam Panggang M. Ochit

6. Lesehan Mang Ajo

Jika anda hobi memancing, anda dapat mencoba mengunjungi Lesehan Mang Ajo yang terletak di Teluk Jambe ini. Konsep tempat ini adalah pemancingan sekaligus rumah makan yang berbentuk gubuk-gubuk kecil, disertai desain yang natural dan menyatu dengan alam. Ikan hasil pancingan Anda dapat dimasak untuk dimakan langsung atau dibawa pulang, yang biasanya dibandrol sekitar Rp 25.000 per-kilogram. Rumah makan ini juga tidak hanya menyajikan menu berbahan dasar ikan. Namun juga menu lain seperti sop, sate, ayam, nasi goreng, dan lain sebagainya.

Lesehan Mang Ajo

7. Opak Ketan Rawagede

Opak ketan mungkin hampir ada di tiap daerah. Akan tetapi Opak Ketan di Rawagede ini memiliki rasa yang lain dari yang lain. Begitu spesial khususnya bagi saya dan anak-anak saya.  Ada rasa khas tersendiri dibanding opak-opak ketan lainnya. Padahal di Rawagede juga beredar opak buatan daerah lainnya di Karawang yakni dari Kecamatan Cibuaya yang besar-besar. Opak ketan Rawagede bentuknya kecil-kecil, sangat berbeda sekali dengan Opak Ketan buatan Cibuaya yang besar-besar. Jadi hanya 2 kali gigit langsung habis. Kelebihannya adalah pada rasanya yang renyah dan gurih yang akan membuat kita ketagihan. Terutama untuk opak yang baru dibakar.

Opak Ketan Rawagede

8. Soto Tangkar Mang Nean

Soto tangkar ini menjadi kuliner khas Karawang yang wajib anda coba. Karena rasanya yang khas dari bumbu serta resep turun-temurun sejak tahun 1980-an. Nama Mang Nean sendiri diambil dari nama pemilik dan pendiri warung soto tangkar tersebut. Yang kemudian usaha itu dilanjutkan oleh anak-anaknya hingga saat ini. Soto disajikan dalam mangkuk dengan kuah santan berwarna kekuningan, dengan pelengkapnya nasi putih, emping, sambal dan jeruk nipis. Soto Tangkar Mang Nean terkenal dengan kikilnya yang empuk dan gurih tidak seperti kebanyakan soto tangkar yang lain. Selain menu soto tangkar, tersedia juga sate empal, sate otak, dan sate jeroan. Satu porsi soto dan nasi lengkap ditawarkan dengan harga Rp.16.000 dan untuk daging pelengkap Rp.8.000. Gratis teh tawar hangat untuk pelanggan.

Soto Tangkar Mang Nean

9. Gabus Picung Warung Mandiri

Kawasan Karawang Barat berbatasan dengan Kabupaten Bekasi. Jadi tak heran jika ada menu dari Bekasi yang ikut-ikutan jadi primadona di Karawang. Anda bisa merasakan perpaduan menu Bekasi dan Karawang di Warung Mandiri yang terletak di Jl. Pangkal perjuangan No. 48, Tanjungpura. Telp (0267) 409545. Letaknya tak jauh dari bundaran baru by Pass, Tanjungmekar. Jalan ini merupakan salah satu akses menuju Rengasdengklok.

Gabus Picung Warung Mandiri

10. Ikan Gabus Bumbu Pucung

Jika anda salah satu penggemar ikan terutama ikan gabus, tidak ada salahnya untuk mencicipi ikan gabung pucung ini. Untuk olahan ikan gabus pucung sebenarnya juga ada banyak di Jakarta. Karena ikan gabus bumbu pucung ini merupakan salah satu kuliner khas betawi. Hanya saja karena Jakarta dikelilingi oleh daerah penyangga seperti halnya kota Karawang. Ikan gabus pucung ini juga di klaim sebagai salah satu kuliner khas Karawang.

Gabus Picung Warung Mandiri

11. Tahu Bumbu Sari Rasa

Jika Sumedang punya tahu Sumedangnya yang khas, Karawang punya tahu bumbu sari rasa yang tidak kalah enak dan gurih. Kedai tahu bumbu sari rasa yang sudah berdiri sejak tahun 1980-an. Tahu Bumbu sebenarnya mirip dengan olahan tahu di beberapa daerah, namun berbeda nama. Menu ini menyajikan tahu yang digoreng, lalu disajikan dengan nasi atau irisan lontong. Penyumbang kelezatannya tentu saja dari saus kacang tanah yang kental, sedikit pedas, plus kucuran kecap manis. Taburan bawang goreng dan kerupuk jadi pelengkapnya. Harganya pun sangat relatif murah yaitu hanya Rp. 6.000. Sekilas menu ini mirip dengan Kupat Tahu di Bandung, atau Nasi Tahu di Kudus. Tahu dan saus kacang sepertinya menjadi paduan umum dalam kuliner Indonesia. Sebagai lauk tambahan, tersedia bakwan, risoles, hingga telur asin.

Tahu Bumbu Sari Rasa

12. Pepes Jambal Walahar Haji Dirja

Pepes jambal walahar Haji Dirja ini terletak di dekat Bendungan Walahar. Rumah makan ini menyediakan beragam menu pepes dan tentunya memiliki menu utama pepes jambal yang digemari oleh banyak orang. Selain makanannya yang enak dan sedap. Tempat ini juga memberikan nuansa nyaman dari desain alaminya sehingga akan membuat anda betah berlama-lama disana.

Pepes Jambal Walahar Haji Dirja

13. Kue Gonjing

Gonjing merupakan makanan tradisional yang terbuat dari tepung beras dan kelapa. Lezat dimakan dengan ditaburi gula putih atau bisa juga dengan saos. Yang pastinya penganan atau jajanan khas nusantara ini dari segi rasa tidak kalah dengan jajanan modern seperti donat. Harganya pun cukup murah hanya berkisar antara Rp. 500,- hingga Rp. 1.000,-.

Kue Gonjing

14. Restoran Lebak Sari Indah

Rumah makan lebak sari indah terletak di Jl. Interchange Tol Karawang Barat, dengan konsep indoor dan outdoor. Penyajian menu manakan mencondong ke menu sunda dan chinese food. Rumah makan lebak sari indah ini memiliki tempat makan yang tertata rapi dan cukup megah. Pelayanan disini pun sangat ramah dan hangat kepada pengunjung.

Restoran Lebak Sari Indah

15. Restoran Sindang Reret

Wisata kuliner khas Karawang yang dapat di kunjungi selanjutnya adalah Restoran Sindang Reret. Rumah makan yang menyediakan berbagai makanan Sunda. Restoran yang belokasi di Jl. Interchange ini mengusung konsep etnik modern. Namun tetap mengunggulkan menu-menu khas Sunda dengan resep jitunya.

Restoran Sindang Reret

16. Kerupuk Bontot

Kerupuk bontot ini sudah sangat terkenal bahkan sampai ke mancanegara. Bontot adalah bagian ujung dari adonan kerupuk udang yang sudah dapat dipotong lagi. Makanan ringan khas Karawang ini berbeda dengan kerupuk udang lainnya. Karena kerupuk bontot sebenarnya adalah bahan baku setengah jadi untuk pembuatan kerupuk udang. Dibuat dari tepung terigu yang dicampur dengan udang. Kerupuk bontot banyak di produksi di Kecamatan Rengasdengklok.

Kerupuk Bontot

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!