12 Tempat Wisata Kuliner Khas Rembang

Disetiap daerah di Indonesia memiliki kuliner khas Rembang yang dapat anda cicipi saat sedang berkunjung ke suatu daerah. Seperti halnya dengan Rembang, Jawa Tengah. Sebagai kota yang terdapat di pesisir pantai utara, Rembang memiliki jajaran kuliner yang sangat nikmat sekali untuk anda cicipi. Selain penuh dengan sejarah, Rembang juga menyimpan banyak makanan khas yang unik. Jika anda sedang berlibur atau bahkan sedang melewati Rembang. Kali ini kami akan memberikan beberapa informasi mengenai tempat wisata kuliner khas Rembang, Jawa Tengah yang belum anda ketahui.

Kuliner Khas Rembang Yang Akan Membuat Anda Ketagihan

kuliner khas rembang

Berikut beberapa kuliner khas Rembang yang dapat anda cicipi kenikmatannya:

1. Soto Rembang

Makanan ini sebenarnya hampir sama dengan soto yang lainnya. Akan tetapi, jangan samakan juga dengan yang lainnya. Soto yang disajikan di Rembang ini memiliki kuas yang bersantan dan juga gurih. Apalagi bumbu yang digunakan juga berbeda dengan soto yang ada di kota lainnya. Kuahnya pun yang khas akan selalu mengingatkan anda kepada soto Rembang dan juga soto lainnya.

Soto Rembang

2. Sate Serepeh

Pada umumnya sate ya itu-itu saja. Namun berbeda dengan sate khas Rembang yang satu ini. Ya, sesuai dengan namanya sate ini memiliki campuran kuah yang berupa santan sehingga sangat kental. Rasa dari makanan ini gurih dan menggoda selera makan anda. Bagi pecinta sate, anda harus coba sate unik yang satu ini. Salah satu tempat yang terkenal di Rembang untuk menikmati sate serepeh yaitu di sate serepeh Bu Slamet. Lokasi warung ini terbilang cukup terkenal di kawasan Rembang dan sekitarnya. Jika anda berniat mencicipi gurihnya sate serepeh ini langsung saja mengunjungi warung Bu Slamet. Alamat lengkap dari Warung Bu Slamet yang menyediakan Sate Srepeh ini berlokasi di Jl. Dr. Wahidin, Tasikagung, Kec. Rembang, Kabupaten Rembang.

Sate Serepeh

3. Lontong Tuyuhan

Lontong tayuhan ini sangat berbeda terutama pada bentuk lontongnya yang dibungkus berbentuk segitiga. Bentuk pembungkusan lontong ini tidak asal-asalan, namun menurut sejarah, model pembungkusan seperti segitiga ini memiliki makna yang terserat. Yaitu cinta kepada tuhan, cinta kepada alam, dan cinta ke sesama makhluk hidup. Nama tuyuhan sendiri diambil dari nama desa Tuyuhan itu sendiri.

Lontong Tuyuhan

4. Seafood Hien Rembang

Selain dengan makanan-makanan khas nya. Kota Rembang yang terkenal dengan kawasan pantai utara membuat tempat ini sangat cocok untuk anda menikmati makanan laut. Salah satu tempat kuliner khas Rembang yang terkenal adalah Seafood Hien Rembang. Banyak sekali makanan laut yang bisa anda cicipi jika berkunjung ke Seafood Hien Rembang.

seafood Hien Rembang

5. Rumah Makan Pondok Rembang

Rumah makan yang berada di gang VII nomor 5, Desa Karangturi, Rembang, Jawa Tengah. Tempat ini tergolong tempat wisata kuliner khas Rembang baru dibuka sekitar bulan maret 2017. Hanya saja pemilik dari warung makan ini sudah lama menjalani bisnis catering. Tentu saja hal ini tidak meragukan lagi jika membangun warung makan sendiri. Menu yang disajikan di rumah makan pondok Rembang ini berupa lontong srepeh, lontong cap go meh, nasi bokmay dan masih banyak lagi. Bumbu makanan khas yang disajikan ini akan membuat anda ketagihan untuk mampir lagi ke warung pondok hijau.

Rumah Makan Pondok Rembang

6. Kelo Mrico

Kuliner khas Rembang berikutnya adalah kelo mrico. Mungkin bagi anda yang baru mendengar kuliner yang satu ini. Meskipun demikian ketika berkunjung ke Rembang wajib untuk menikmatinya. Kuliner ini terbuat dari sayuran yang berkuah dengan mrica. Selain itu, juga terdapat campuran ikan laut. Tentu dengan campuran ikan laut semakin membuat kuliner ini enak. Bagi anda yang menyukai pedas akan semakin lahap untuk menyantapnya.

Kelo Mrico

7. Dumbeg Rembang

Kuliner khas Rembang berikutnya adalah dumbeg Rembang. Makanan ini asli khas Rembang yang dibuat dengan menggunakan bahan baku tepung beras. Yang diberi campuran gula pasir, kemudian diberi garam sebagai pelengkap rasa. Semakin lengkap dan lezat tentunya, karena disiram dengan air pohon nira. Untuk mendapatkan Dumbeg Rembang yang rasanya khas dan enak. Anda bisa berkunjung ke desa dumbeg di Rembang.

Dumbeg Rembang

8. Legen dan Siwalan

Legen adalah air dari manggar (bunga) siwalan, air legen ini seperti air nira yang digunakan bahan untuk gula jawa. Namun di Kabupaten Rembang, air legen ini lebih dimanfaatkan sebagai minuman, karena memang rasanya yang khas. Apalagi minuman ini dinikmati disiang hari dan dicampur dengan es. Siwalan adalah buah dari pohon siwalan, pohonnya mirip pohon kelapa, namun buahnya lebih kecil-kecil, siwalan ini rasanya seperti agar-agar ataupun nata, sangat cocok juga dinikmati saat siang hari,. Siwalan dan legen  ini sangat mudah ditemui di daerah Kecamatan Sulang, karena daerah tersebut tanahnya memang cocok buat pohon siwalan, jika anda sedang melewati jalan Rembang-Blora, di Kecamatan Sulang sudah banyak terjejer di pinggir jalan para penjual legen dan siwalan.

Legen dan Siwalan

9. Urap Latoh

Bahan dasar urap ini adalah sayur mayur biasa seperti halnya kacang panjang, sawi, kubis, dan lain-lain. Tapi di Rembang urap dipadu dengan tanamanyang bernama latoh yang merupakan jenis rumput laut. Yang memiliki warna hijau terang dan memiliki citarasa asin, sehingga saat dipadukan dengan sambalnya akan menimbulkan rasa yang cukup berbeda. Biasanya tambah nikmat jika dipadukan dengan nasi liwet ataupun juga tempe goreng.

Urap Latoh

10. Telur Rajungan

Rembang mempunyai obyek wisata yang bagus dan terkenal. Tapi, tahukah anda kalau ditempat tersebut juga terdapat makanan khas Rembang yang mewah. Telur Rajungan adalah makanan mewah di obyek  wisata tersebut. Makanan jenis seafood ini harganya cukup mahal. Jika anda berkunjung ke Rembang jangan lupa mencicipi makanan ini dan siap-siap menggrocek saku dalam-dalam karena mahalnya makanan ini. Rasa untuk makanan ini jangan di tanya pasti gurih dan lezat.

Telur Rajungan

11. Kaoya Dudul

Kuliner khas Rembang ini biasa di sajikan dalam potongan kecil-kecil sehingga terlihat mungil. Rasa dari makanan ini manis. Bahan dasarnya adalah beras ketan, gula aren, garam, dan kacang hijau.

Kaoya Dudul

12. Rumah Makan Praukuno Rembang

Jika kalian ingin menikmati makanan dengan semilir pantai pantura mungkin Rumah Makan Praukuno ini bisa jadi pilihan yang tepat ketika kalian mengunjungi Kota Rembang. Di Rumah Makan Praukuno ini kalian bisa menyantap aneka jenis makanan dari makanan tradisional sampai seafood juga tesedia di Rumah Makan Praukuno ini. Konsep yang ditawarkan juga cukup menarik, dengan tema outdoor dan bangunan Jawa Klasik bisa kalian temukan ketika mengunjungi Rumah Makan Praukuno. Untuk soal rasa, rumah makan ini memiliki reputasi yang baik dimata pengunjungnya, pasti dijamin enak dan nikmat. Alamat Rumah Makan Praukuno ini berada di Jl. Jend. Sudirman No.158, Kabongan Lor, Kec. Rembang, Kabupaten Rembang.

Rumah Makan Praukuno Rembang

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!