12 Kuliner Khas Sukabumi Yang Bisa Anda Coba

Sukabumi merupakan salah satu kota sekaligus Kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Pada umumnya wilayah tersebut berbatasan Kabupaten Cianjur ini disebelah sisi timur. Kabupaten Bogor disisi utara, Kabupaten Lebak disisi barat. Dan Samudra Hindia di sisi selatan. Kota sekaligus kabupaten ini berjarak kurang lebih 100 km dari Bandung dan 120 km dari Jakarta. Kota di provinsi ini memiliki udara yang terbilang sejuk. Walaupun tidak memiliki banyak objek wisata, kenyataannya Sukabumi memiliki banyak kuliner khas Sukabumi yang akan memanjakan lidah Anda.

Kuliner Khas Sukabumi

Kuliner Khas Sukabumi

Bahkan, beberapa makanan yang sering kita temui di beberapa daerah di Jawa Barat. Seperti bandros, bubur ayam, dan mochi berasal dari Sukabumi. Berikut kuliner khas Sukabumi yang tidak boleh anda lewatkan selama disana:

1. Bandros Ata

Bandros merupakan kue yang dibuat dengan tepung beras, kelapa parut dan santan. Ata sendiri merupakan nama penjualan bandros pada pertama saat pertama kali dijual. Bandros ini sudah menjadi kuliner legenda di Sukabumi. Jika anda ingin mencobanya, anda bisa datang ke Jl. Gudang No. 4, Sukabumi. Buka dari pukul 20.30 sampai dengan pukul 06.00 WIB. Resep yang digunakan untuk membuat Bandros Ata diwariskan secara turun temurun dari tahun 1973 sampai sekarang.

Bandros Ata

2. Geco

Salah satu penjual geco yang mudah ditemui berada di Jalan Jenderal Sudirman berseberangan dengan Rumah Sakit As-Syifa. Geco biasanya dijadikan menu sarapan pagi oleh masyarakat asli Sukabumi. Nikmat disantap di tempat masih fresh baru saja dibuat atau bisa juga dibungkus tergantung selera dari pembeli. Meskipun hanya dijual di pinggir jalan alias kaki lima. Namun geco akan selalu habis laku terjual sebelum siang diburu oleh para pecinta kuliner. Satu porsi geco biasanya diberi harga Rp. 7.000,- saja.

Geco

3. Mie Goreng Sukabumi

Untuk anda yang menyukai kuliner berbahan dasar mie. Maka Sukabumi adalah destinasi yang sangat pas untuk menikmati berbagai olahan mie dengan ciri khas rasa yang cukup unik. Di Sukabumi terdapat banyak sekali kedai  yang menjual mie Sukabumi ini disekitar daerah Jl. Jenderal Ahmad Yani. Salah satu kedai mie Sukabumi yang sangat populer adalah kedai Mang Udin yang beralamat di Jl. Arif Rahman Hakim. Satu porsi kuliner khas Sukabumi yang satu ini bisa kamu nikmati dengan harga Rp. 13.000/porsi.

Mie Goreng Sukabumi

4. Nasi Uduk Ungu

Nasi uduk ungu merupakan salah satu kuliner khas Sukabumi yang sangat populer. Namun, di Sukabumi Toppers bisa menemukan nasi uduk yang berbeda daripada di daerah lainnya, yaitu nasi uduk Ungu. Kuliner khas Sukabumi ini mendapatkan warna ungu dari campuran buah ubi ungu dan juga bit. Seperti layaknya nasi uduk. Nasi uduk khas Sukabumi ini juga disajikan dengan berbagai jenis lauk. Seperti ayam goreng kemiri, tahu, tempe, telur dadar, dan lalapan segar.

Nasi Uduk Ungu

5. Mochi Lampion

Kuliner khas Sukabumi selanjutnya yang harus anda cicipi adalah kue mochi. Kue mochi Sukabumi berisi kacang hijau dengan rasa yang manis dan legit. Kue mochi yang asli bisa anda temukan didaerah Gang Kaswari, Kecamatan Sukabumi. Kue mochi Sukabumi terdiri dari berbagai varian rasa dan warna. Salah satu yang paling terkenal adalah kue mochi lampion khas Sukabumi.

Mochi Lampion

6. Bolu Pisang

Oleh oleh makanan khas Sukabumi yang satu ini rasanya sangat enak dan sering dijadikan buah tangan. Bagi mereka yang tengah berkunjung ke Sukabumi. Kepopuleran bolu pisang Sukabumi meroket berkat Ibu Onih yang berjualan bolu pisang ini. Di Jalan Raya Sukaraja Gang Mesjid Kota Sukabumi. Dari tangan ibu Onih. Bolu pisang ini menjelma menjadi makanan bercita rasa sangat enak sehingga banyak diburu oleh para pecinta kuliner. Meskipun begitu, ada banyak merk bolu pisang lainnya. Tergantung selera kamu mau membeli bolu pisang merk apa dan dimana yang penting asli from Sukabumi.

Bolu Pisang

7. Coklat Unaichoco

Bagi anda pecinta coklat yang sedang berkunjung ke Sukabumi. Anda harus berkunjung ke dapur Unaichoco yang menjual sajian olahan coklat khas Sukabumi. Terbuat dari 100% coklat asli membuat  coklat unaichoco ini kebanjiran order. Coklat tersebut diolah dengan teknik khusus dan menghasilkan banyak varian rasa. Diantaranya coklat keju, coklat mete, coklat strawberry, coklat blueberry, dan juga coklat permen.

Coklat Unaichoco

8. Roti Priangan

Roti Priangan merupakan salah satu kuliner legendaris yang dimiliki oleh Kota Sukabumi. Roti ini sudah diproduksi sejak tahun 1943 oleh Oey Tjiang Lie. Sekarang ini, makanan khas Sukabumi ini sudah dikelola oleh generasi ketiga keluarganya. Rumah produksinya berada di Jalan Parigi Kel. Nyomplong Kec. Warudoyong, Sukabumi. Roti ini dibuat tanpa bahan pengawet. Varian roti yang menjadi ciri khas dari Roti Priangan ini adalah roti tanduk. Roti tanduk memiliki bentuk seperti tanduk yang berisi susu dan mentega. Selain roti tanduk, ada juga roti kepang dan roti manis.

Roti Priangan

9. Kue Jahe Khas Sukabumi

Camilan khas Sukabumi lainnya yang populer adalah Kue Jahe Khas Sukabumi. Terbuat dari jahe parut yang dicampur manisnya gula. Cita rasa khas dari makanan ini sudah terkenal sejak jaman kolonialisasi Belanda, lho. Kini, kue khas Sukabumi ini telah diolah menjadi berbagai varian rasa dan berbagai pilihan bentuk yang lucu.

Kue Jahe Khas Sukabumi

10. Sekoteng Singapore

Selain makanan tradisional, ada juga Sekoteng singapura yang sangatlah enak. Sekoteng Singapura ini konon katanya memang benar-benar berasal dari Singapura, negera tetangga. Cita rasanya  khas dan hangat memberikan manfaat bagi tubuh sehingga tubuh ikut menjadi hangat saat meminumnya. Katanya, sekoteng singapore ini merupakan sajian minuman satu satunya di dunia karena penjualnya mirip dengan orang Singapura. Semangkuk sekoteng singapura yang lezat dan hangat ini. Berisikan kuah khas sekoteng yang dicampur dengan jahe cocok disantap saat udara malam sedang dingin dinginnya. Jika kamu penasaran dengan rasanya, datang saja ke Jl. Jenderal Ahmad Yani, Sukabumi.

Sekoteng Singapore

11. Wedang Ronde

Makanan khas Kabupaten Sukabumi yang satu ini dijual di warung makan bandros Mang Ata. Kawasan  kuliner yang kerap menjadi tempat nongkrong anak muda ini hanya berada di trotoar pinggir jalan. Namun selalu ramai dikunjungi oleh pembeli. Di warung ini, selain kamu bisa mencicipi bandros dan wedang jahe. Anda juga harus mencicipi wedang ronde yang merupakan minuman penghangat tubuh. Wedang ronde ini hanya bisa kamu dapatkan di malam hari saja.

Wedang Ronde

12. Sagon Bakar

Sagon Bakar ini terbuat dari kelapa, aci dan bahan-bahan lainnya. Sagon bakar ciaul sendiri merupakan kuliner khas Sukabumi yang memiliki cita rasa yang gurih dan renyah. Terdapat berbagai macam rasa diantaranya rasa original, coklat, kopi keju dan masih banyak lagi rasa yang lainnya.

Sagon Bakar

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!