10 Kuliner Khas Tasikmalaya Yang Bisa Anda Cicipi

Jika berkunjung ke Tasikmalaya tidak lengkap rasanya bila tanpa mencicipi berbagai kuliner khas Tasikmalaya yang terkenal di daerah tersebut. Beragam kuliner khas Sunda dengan bumbu-bumbu yang khas seakan memanjakan lidah dan menaikkan selera makan diwaktu liburan santai. Dengan wilayah yang tidak terlalu luas tapi menyimpan banyak kuliner yang lezat dan wajib anda coba. Ketika sedang berlibur ke Tasikmalaya. Berikut kuliner khas Tasikmalaya yang wajib anda coba.

Kuliner Khas Tasikmalaya

Kuliner Khas Tasikmalaya

1. Nasi Cikur

Makanan khas Tasikmalaya Jawa Barat yang pertama adalah nasi cikur. Yang dijual di salah satu warung yang berada di pertigaan antara Jalan Panyerutan dan Jalan Tentara Pelajar, Tasikmalaya, Jawa Barat. Mungkin saja warung ini adalah satu satunya warung yang menjual makanan berupa nasi cikur. Warung yang terlihat sederhana ini memang hanya berada di pertigaan antara Jalan Panyerutan dan Jalan Tentara Pelajar. Namun jangan salah karena olahan nasi cikur disini rasanya benar benar enak. Kata orang Tasik “ngeunah pokona mah euy!” rasanya sangat pantas diacungi jempol dan juga harganya sangat terjangkau. Makanan berupa nasi cikur ini porsinya pas untuk mengobati rasa lapar yang menyerang.

Nasi Cikur

2. Kupat Tahu

Kupat tahu merupakan kuliner khas Tasikmalaya Jawa Barat yang harus anda coba ketika berkunjung kesini. Kupat tahu Tasikmalaya biasanya banyak dijual oleh para pedagang kaki lima. Rasanya sedikit berbeda dengan sajian kuliner kupat tahu di daerah lainnya. Karena menggunakan campuran bumbu yang khas dari Tasikmalaya. Tampilannya boleh jadi sama dengan kupat tahu dari daerah lain, tapi rasanya lebih nikmat dan lezat.

Kupat Tahu

3. Kolontong

Kolontong adalah kuliner khas Tasikmalaya yang terbuat dari beras yang diolah sedemikian rupa dicampur dengan bumbu khusus. Sehingga menghasilkan sajian makanan ringan yang gurih. Uniknya, kelontong ini dibuat seperti ketika membuat opak namun setelah menjadi opak. Untuk menghasilkan sebuah kelontong harus diproses kembali yaitu dengan proses pemanasan.

Kolontong

4. Rengginang

Rengginang merupakan makanan khas orang-orang Sunda terutama Tasik. Rengginang yang disebut camilan ini umumnya di taruh didalam kotak kaleng sisa kue. Yang biasanya ada dihari-hari besar seperti lebaran maupun hari-hari yang lain. Rengginang juga sering dijadikan cemilan dikala santai juga sebagai pelengkap ketika makan. Rengginang terbuat dari beras ketan yang diolah dalam yaitu yang cukup lama dan melalui beberapa tahapan. Meskipun proses pengolahaan nya cukup lama, namun rasanya sangat enak sehingga menjadi primadona sebagian besar masyarakat Tasikmalaya.

Rengginang

5. Citruk

Nama citruk ini pada dasarnya merupakan singkatan dari “Aci Ngegetruk”. Yang artinya adalah adonan tepung kanji yang ketika dimakan rasanya renyah walaupun agak keras. Kuliner khas Tasikmalaya yang satu ini sudah mulai sulit untuk ditemui di Tasikmalaya. Namun beberapa usaha perorangan di Tasikmalaya mulai berusaha untuk melestarikan kembali jajanan khas yang satu ini.

Citruk

6. Sale Pisang

Seperti kebanyakan jenis sale yang sering kita jumpai di daerah lainnya. Sale pisang Tasikmalaya merupakan sajian makanan ringan atau cemilan yang wajib kamu jadikan teman dalam melakukan perjalanan keliling kota Tasikmalaya. Maupun kamu jadikan oleh oleh untuk sanak saudara di rumah. Sale pisang Tasikmalaya ini terbuat dari pisang yang diolah dengan cara khusus. Yaitu dengan cara di sisir tidak terlalu tebal kemudian dijemur dibawah matahari secara langsung. Setelah itu, bahan sale pisang bisa langsung dikonsumsi maupun digoreng terlebih dulu menggunakan tepung.

Sale Pisang

7. Keripik Sukun

Kuliner khas Tasikmalaya yang satu ini sama dengan keripik yang lain. Yang umum kita jumpai seperti keripik singkong serta yang lain. Di Tasikmalaya ada keripik sukun yang terbuat dari buah sukun yang telah matang. Buah sukun yang telah masak tersebut di potong-potong jadi beberapa sisi kecil. Lalu di goreng serta diberi bumbu yang rasanya enak dan gurih. Pas untuk di jadikan cemilan disaat santai dan ngobrol-ngobrol sambil minum teh.

Keripik Sukun

8. Mie Bakso Laksana

Mie Bakso Laksana merupakan kuliner legendaris di Tasik, siapa yang berkunjung ke Tasik. Apa lagi pecinta mie bakso belum lengkap rasanya kalo belum ke Tasik. Rasanya pun nikmat bukan hanya sekedar namanya aja yang tersohor. Ditempat ini terdapat menu-menu enak seperti bakso yamien asin komplit. Lengkap dengan tambahan bakso, pangsit rebus dan juga babat yang menambah rasa mie bakso dan mie yamien disini. Mie Bakso Laksana lokasi nya ada di Jl. Pemuda No.5, Yudanagara, Cihideung, Tasikmalaya. Harga satu porsinya mulai dari Rp. 20.000,00.

Mie Bakso Laksana

9. Pecel Oranye

Salah satu kuliner legendari dari Tasikmalaya adalah pecel oranye yang sudah ada sejak tahun 1925. Bukan hanya pecel aja yang disajikan disini ada juga gado-gado, lotek, karedok, pecel bumbu kacang dan makanan Sunda lainnya.

Pecel Oranye

10. Martabak Ramayana

Kuliner khas Tasikmalaya berikutnya yaitu martabak ramayana. Tidak komplit jika anda belum merasakan manisnya martabak ramayana khas Tasikmalaya ini. Martabak ramayana ini juga  dapat membawa oleh-oleh khas Tasikmalaya ini yang berada di jalan Tentara Pelajar, Tasikmalaya.

 Martabak Ramayana

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!